Bekal Untuk Meniti dan Menggapai Karier

Posted by : Unknown
Semboyan orang meniti karier masa depan adalah “Pemenang tidak akan pernah berhenti dan orang yang berhenti tidak akan pernah menang”.
       Menggapai Karier yang gemilang bukanlah hanya proses semalam. Menggapai karier membutuhkan kerja keras, aktualisasi diri yang mendalam, dan kemauan untuk terus belajar. Profesional
yang berhasil dalam kariernya adalah ia yang telah merintis sejak semula.
          Pada dasarnya yang dimaksud dengan karier adalah suatu pilihan profesi atau pekerjaan yang menjadi tujuan bagi seseorang individu, atau dapat diartikan sebagai perkembangan dari suatu pejalanan kehidupan kerja seseorang, atau dapat juga disebut suatu pencapaian professional dari hasil kerja seseorang.
          Karier merupakan sebuah profesi yang digeluti secara serius oleh seseorang individu dan ditingkatkan semaksimal mungkin. Dalam menggapai karier yang tertinggi, kerja keras dan usaha yang tidak kenal lelah merupakan syarat paling utama. Banyak orang – orang sukses di dunia berkecimpung dalam berbagai profesi telah memulai kariernya sejak ia masih sangat remaja dengan perencanaan yang matang. Cara yang paling efektif untuk meniti karier adalah dengan mengenali potensi dan bakat diri sendiri sedini mungkin. Masa remaja merupakan saat yang paling tepat untuk meniti karier tertinggi. Dengan mengenali potensi dan bakat diri sejak dini, kita akan berhasil meniti karier tersebut dengan sempurna, melainkan juga menggapainya dengan optimal. Contohnya : Siswa tingkat SMP dipersiapkan bebagai kegiatan ekstrakulikuler untuk mengembangkan potensi dan bakat dirinya adalah merupakan langkah awal untuk meniti karier.
          Richard Leider, seorang konsultan karier dari Amerika Serikat, memiliki rumus modern yang dapat mengaktualisasikan bagaimana kita dapat mewujudkan rencana karier di masa depan dengan efektif dan gemilang. Rumus yang dimilikinya itu adalah :
          Karier = T + 2P + E + V
          Dalam rumus tersebut Leider mengkategorikan elemen yang pertama T sebagai Talent atau bakat. Ia menyatakan bahwa untuk mengetahui arah karier dan profesi yang cocok untuk kita jalani di masa depan, cobalah mendeteksi apa saja kelebihan dan kelemahan yang kita miliki pada diri masing – masing. Hal ini menjadi penting karena dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kita di masa remaja, kita akan dapat menyusun perencanaan karier dengan matang dan terhindar dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan potensi dan bakat yang kita miliki.
          Elemen yang kedua Leider menyebutkan 2P yaitu Passion dan Purpose, atau gairah dan tujuan. Maksudnya dalam memilih sebuah karier diperlukan adanya gairah atau keinginan yang tinggi untuk menggapai karier tersebut dengan maksimal. Selain itu dibutuhkan pula tujuan dan arah yang jelas, agar pencapaian karier dimasa depan tidak salah arah. Kedua elemen ini membutuhkan kerja keras dan pengendalian diri yang optimal, agar tujuan karier yang dituju dapat diarahkan dengan benar.
          Elemen yang ketiga dalam rumus Leider adalah E atau Environment (lingkungan) Masa remaja merupakan fase dimana kita sangat membutuhkan lingkungan sekitar untuk dapat mengembangkan kepribadian dan emosi. Lingkungan sekitar dapat berupa lingkungan keluarga, sekolah, atau tempat bermain. Dalam lingkungan sekitar seseorang dapat mengasah bakat dan minatnya sedemikian rupa sehingga dapat menggapai karier yang direncanakan. Lingkungan sekitar menjadi tempat belajar dan aktualisasi diri.
          Elemen yang keempat yang disebutkan dalam rumus Leider adalah V atau Vision yang berarti pandangan (visi). Leider melihat bahwa dengan menerapkan pola visioning atau memandang jauh ke masa depan, kita akan dapat mengetahui untuk karier yang akan dicapai. Untuk menciptakan visi yang baik, langkah pertama adalah mengenali potensi diri dan membuat perencanaan bagaimana memanfaatkan potensi tersebut untuk meraih karier yang dicita – citakan.

Cukup sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.
Jumat, 03 Oktober 2014

0 comments:

Copyright © 2012 OSS | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ